Knowing what we eat
healthy,
simple & tasty recipes.
Home » , , » Sate Bandeng Banten

Sate Bandeng Banten

Ok, target masak minggu ini ada dua, sate bandeng sama tongseng ayam. Nyari resep sate bandeng bingung ga tau mana yang resep asli, ada dari tutorialnya PDK tapi ga ada komposisinya, jadi coba direka sendiri aja jumlahnya.

sate bandeng khas banten

Sebenernya udah lama banget pengen nyobain sate bandeng khas Banten yang terkenal, tapi belum ada kesempatan ke sana, kalo beli yang di Jakarta khawatirnya kurang otentik. Padahal sama aja ama yang ku buat juga belum tentu otentik ya. Ya setidaknya komposisi udah sesuai ama yg dari video tutorial, dari orang Bantennya langsung. Baru kali ini berani nyobain bikin karena sebelumnya bayangin ngelepasin tis tak ulang ama duri bandeng susah, tapi temen bilang gampang, yo wis tak coba aja.

Dan ternyata ngelepasin tulang bandeng ama dagingnya ga susah. Mungkin yang rada susah bersihin kotoran ikannya karena harus dari bagian kepala ikan. Abis itu tulang di bagian ekor dipatahin supaya tulang ikan bisa dicabut dari kepala, cari aja posisi tulang di deket kepala, patahin juga, trus tarik deh tulang ikannya. Menurutku ini juga lumayan harus agak kuat juga nariknya, buat mempermudah si ikan bandengnya juga sedikit dipukul-pukul. 

Setelah tulang ikannya berhasil dicabut, pukul-pukul ikannya, biasa aja ga mesti pelan banget tapi juga jangan kayak kuat banget. Nah ternyata nih, dagingnya beneran lepas, bahkan lebih mudah lepas daripada kalo dikerok. Kalo dikerok malah kulit ikan bisa robek. Trus buat ngeluarin dagingnya, tinggal tekan aja dari arah ekor ke bagian kepala. Voila, keluar deh dagingnya, terusin sampe semua daging udang lepas dari kulit si ikan bandeng. 

Bersihin kulit ikannya, kalo dagingnya ga hancur dibersihin supaya bener-bener bersih ga ada kotoran ikan yang masih tertinggal, ntar jadi rada pahit sate bandengnya. Udah gitu bersihin duri-duri kecilnya, pake tangan bisa atau pake saringan teh yang dari alumunium atau stainless, ditekan-tekan, diraba aj ntar kerasa  juga durinya. 

Selanjutnya siapin bahan buat bumbunya dan masak deh.
Nah yang ini hasil bikinan sendiri,

Bahan membuat sate bandeng khas Banten:
  • 1 ekor ikan bandeng ukuran sedang
  • 5 butir bawang merah, diiris
  • 3 siung bawang putih, diiris
  • 1 sdm ketumbar, disangrai
  • 1 sdt gula merah 
  • 1 sdt garam 
  • 100 ml santan
  • 1 sdt terasi, digoreng
  • 50 g kelapa parut (resep aslinya ga pake, tapi entar isi bandengnya ga penuh jadi mending pake aja), disangrai
Cara membuat sate bandeng khas Banten:
  1. Goreng bawang merah dan bawang putih, sisihkan.
  2. Haluskan daging ikan bandeng, bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, dan kelapa.
  3. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk, tambahkan santan sambil diaduk hingga rata. 
  4. Masukkan adonan daging ikan bandeng ke dalam kulit ikan bandeng hingga penuh, sisakan adonan sekitar untuk mengoles kulit luar ikan bandeng. 
  5. Jepit ikan dengan bilah bambu.
  6. Bakar ikan bandeng, lebih bagus pake arang, kalo ga mau repot pake grill pan juga bisa (that's me :)), pake api kecil. Olesin bagian atasnya dengan adonan daging ikan. Setelah 5 menit balik ikan dan olesi sisi atasnya dengan adonan daging ikan. Ulangi proses ini sekali lagi untuk masing-masing sisi. 
  7. Supaya ikan bener-bener matang dan lebih harum, bungkus ikan dengan daun pisang, bungkus agak tebal, bakar lagi ikan dengan api sedang, masing-masing 5 menit. Selesai. Sate bandeng siap dinikmati.
Sate bandeng ini bisa disimpan di kulkas, ntar pas mo makan bisa dipanasin dengan grill pan atau digoreng dengan sedikit minyak. Rasanya enak, akhirnya bisa makan bandeng tanpa khawatir kena duri. Silakan mencoba resep sate ikan bandeng khas Banten ya...
cabut tulang ikan bandeng
bersihin bandeng dari bagian kepala

cabut tulang ikan bandeng
cabut tulang ikan bandeng


membersihkan duri ikan bandeng
membersihkan duri ikan bandeng


SHARE

About dapurenka

dapurenka is my place to save my cooking recipe, recipes from other that i really want to make, tips for cooking and useful info about food or cooking. Cooking my own food make me know what i eat.

0 komentar :

Posting Komentar

makasih dah mampir, semoga bermanfaat, silakan tinggalkan jejak supaya ku tau kamu pernah kesini (=^_^=)