Knowing what we eat
healthy,
simple & tasty recipes.

Fritata di patate

Ciao, kali ini ku mau share resep fritata di patate, masakan khas Italia. Lgi males makan nasi cocok banget kalo bikin fritata di patate. Gampangnya sih disebut omelet kentang, walaupun ada sedikit perbedaan antara fritata di patate dengan omelet kentang. Fritata dibuat dengan semua bahan diaduk jadi satu sebelum dimasak, sedangkan omelet biasanya telur dituang ke dalam bahan isian yang sebelumnya sudah dimasak duluan di wajan. Udah gitu, untuk bikin fritata, telur perlu kocokan lebih banyak, sehingga lebih banyak udara di adonannya dan saat dimasak, menggunakan api kecil selama 5 sampai 15 menit hingga bawahnya matang terus dibalik. Sedangkan untuk omelet, telur cukup dikocok ringan dan biasanya saat masak dilipat dua. Untuk bahan isian, omelet dan fritata sama aja, kreasi bebas.
Fritata di patate

Sesuai namanya fritata di patate, berarti menggunakan kentang untuk bahan campurannya, pakein juga keju cheddar (yang ada di rumah), bubuk thyme (optional, lagi ada biar cepet abis), dan porsinya juga diperkecil cukup one serving, for me only. Inspirasi dari video yang paling bawah posting berikut, bahan diganti sesuai persediaan dapur. 

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur
  • 1 buah kentang ukuran sedang
  • 25 g keju cheddar parut
  • thyme kering
  • lada bubuk
  • garam
  • biji pala, diparut

Cara membuat fritata di patate:

  1. Kentang dikupas, dipotong dadu 2x2 cm, atau dibelah empat kemudian diiris dengan ketebalan 1 cm, rebus hingga agak lunak, tidak perlu lunak benar. Angkat, tiriskan.
  2. Siapkan mangkuk besar, masukkan telur, garam, lada, thyme, biji pala, kocok agak lama menggunakan whisker hingga berbusa (masih kuning), masukkan kentang, aduk rata.
  3. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan campuran telur, tutup wajan, masak dengan api kecil hingga bagian bawah matang dan kecoklatan. Balik telur, masak tanpa di tutup dengan api sedang. Angkat.
  4. Sajikan fritata di patate dalam keadaan hangat.
Selesai, siap di santap, tunggu laporan hasil jadinya, rencana bikin fritata di patate batal krn hanban minta nasi uduk.

Selamat mencoba...(=^_^=)
SHARE

About dapurenka

dapurenka is my place to save my cooking recipe, recipes from other that i really want to make, tips for cooking and useful info about food or cooking. Cooking my own food make me know what i eat.

1 komentar :

makasih dah mampir, semoga bermanfaat, silakan tinggalkan jejak supaya ku tau kamu pernah kesini (=^_^=)