Knowing what we eat
healthy,
simple & tasty recipes.
Home » » Nasi Liwet Tomat

Nasi Liwet Tomat

Tadinya buka youtube cuma pengen liat ada postingan masakan baru apa di channel masak favorit, akhirnya merambah kemana-mana, termasuk nemu youtube channel Strictly Dumpling. Dari berbagai videonya yang menarik ada satu sekarang ingin saya bagi di sini, rice tomat. Iyaa nasi tomat, maksudnya beras yang dimasak barengan sama tomat. Karena saya masak dengan cara liwet bukan pake rice cooker apalagi kukusan, jadilah saya kasih nama Nasi Liwet Tomat. Ada yang merasa aneh? Kalo saya iya aneh, langsung ngebayangin kayak apa rasanya? Dari videonya kok kayak yang enak banget, jadi penasaran pengen nyoba. so far dah masak nasi tomat ini dua kali.

Pertama kali nyoba, beneran wanginya enak banget, tapi pas nyoba kok kayaknya ga terlalu istimewa ya, enak iya tapi ga yang waah banget. Apa mungkin tomatnya yang kurang banyak ya? karena cuma satu cangkir beras pake setengah tomat yang tidak terlalu besar. Masak lagi berikutnya, dengan ngurangin takaran berasnya jadi setengah cangkir, rasanya kok jadi wow, uenak banget. Tapiiii, karena makannya ama tumis ayam yang dikasih miyak wijen, termasuk ke nasi yang udah matang. Jadi lagi-lagi belum tau rasanya yang asli kayak apa. Setidaknya, dari percobaan yang kedua ini saya tau kalo nasi tomat yang dimakan dingin pun tetep enak. Saya bikinnya pagi buat bekel makan siang.
nasi liwet tomat

Pertanyaan lain yang muncul saat liat video masak nasi tomat ini adalah, bagaimana nasib si tomat? gimana dengan nutrisi-nutrisi yang ada di tomat kalo dimasak dengan cara seperti ini?

Sahabat dapur pasti sudah pada tau bahwa tomat itu kaya nutrisi. Bukan cuma baik untuk kesehatan tubuh tapi juga buat kecantikan kulit. Zat yang paling banyak terdapat dalam tomat adalah vitamin C dan air. Vitamin C dalam tomat lebih banyak daripada yang ada dalam buah jeruk. Semakin matang dan merah buah tomat semakin banyak vitamin C nya. Tomat juga kaya akan vitamin A, bagus untuk mengurangi penurunan daya penglihatan akibat usia. Kandungan penting lainnya adalah lycopen, senyawa fitokimia, memberi warna merah pada tomat. Bersifat antioksidan, tau kan? itu lho yang berperan melawan radikal-radikal bebas dan banyak fungsi lainnya, cek disini.

Di dalam benak sudah lekat kalo sayur dan buah mentah lebih kaya nutrisi, kalaupun harus dimasak katanya jangan lama-lama, supaya tidak banyak nutrisi yang hilang. Ternyata soal tomat yang dimasak ini sudah ada yang melakukan penelitian, sumbernya ada di sini.

Kesimpulannya aja ya. Kandungan vitamin C dalam tomat berkurang hingga 29 % pada pemanasan 88 derajat Celsius selama 30 menit, TAPI...ternyata kandungan trans-likopen (lycopene) pada tomat malah meningkat hingga 164 %, 35% peningkatan cis-likopen dan 62% peningkatan aktivitas antioksidan. fyi,lycopen tidak larut dalam air dan cis-lycopen lebih mudah diserap tubuh.

Ini mo sharing resep atau lagi bikin essay y...Maaf ini buat meyakinkan kalo tomat yang dimasak pun tetap bernutrisi (=^_^=) Enak & bernutrisi, apa lagi coba? Halal? you don't say.

Pemeran utamanya sudah jelas beras dan tomat. Bumbunya garam, minyak cabe dan lada. Last but not least, air. wajib pake air, ya... Pemeran pembantunya adalah ikan teri. Resep asli pake minyak zaitun, boleh juga ganti minyak wijen kalo suka, atau kalo ga ada semua pake minyak sayur juga bisa. Fungsinya? kan udah dibilangin kalo lycopen tidak larut dalam air, jadi supaya lycopen mudah diserap tubuh, Semuanya dimasak jadi satu bersamaan, kecuali ikan teri.

Bahan membuat nasi liwet tomat:

  • 1 cangkir beras
  • 2 cangkir air
  • 1 sdt garam
  • 1 buah tomat besar, matang
  • 1 sdt minyak cabe
  • 50 g ikan teri, digoreng

Cara membuat nasi liwet teri:

nasi liwet tomat

Beras dicuci bersih, tambahkan air. Masukkan gara, lada, minyak cabe, dan tomat. Masak dengan api sedang, hingga mendidih, kecilkan api, tutup panci, masak hingga air hampir habis. Taruh ikan teri sebagian di atas nasi, tutup, masak hingga nasi matang.

NASI LIWET TOMAT

Yang sebelah kiri sebelum nasi matang, yang sebelah kanan setelah nasi matang. Aromanya top bgt skl. Sekarang waktunya, PENGHANCURAN ...

NASI LIWET TOMAT

Aduk rata, pindahkan ke piring saji, taburkan sisa ikan teri, tambahin sambel buat yang suka pedes. Enak dimakan hangat ataupun dingin.




开动,  kāidòng

(=^_^=)
Nasi tomat ini bisa dikreasikan dengan banyak cara, pake ayam, daging, seafood, atau sekedar scramble egg. Yang paling saya suka dari nasi tomat ini adalah manfaatnya untuk mengusir rasa lelah. Kerasa banget efeknya, yang biasanya kalo pergi dari pagi pulang sore, capenya banget-banget, malah badan tetep berasa enteng. Selamat mencoba ... 
SHARE

About dapurenka

dapurenka is my place to save my cooking recipe, recipes from other that i really want to make, tips for cooking and useful info about food or cooking. Cooking my own food make me know what i eat.

2 komentar :

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^cc
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.biz...^_~3:23 PM 15-Sep-20
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus
  2. penasaran deh sama rasa nasi liwet tomat ini deh

    tadano crane indonesia

    BalasHapus

makasih dah mampir, semoga bermanfaat, silakan tinggalkan jejak supaya ku tau kamu pernah kesini (=^_^=)