Knowing what we eat
healthy,
simple & tasty recipes.
Home » , , , » Resep Asli Bitterballen

Resep Asli Bitterballen

Bitterballen (plural dari bitterball) snack khas dari Belanda, camilan yang biasa jadi temen minum bir. so bukan bitterball-nya yang pahit, melainkan birnya ya. Terbuat dari campuran roux dengan daging sapi matang yang sudah disuwir-suwir atau dicincang. Campuran ini berbentuk masih seperti cairan tapi sangat kental, untuk memudahkan membentuknya disimpan dalam kulkas sehingga memadat. Balur dengan tepung terigu, telur, lalu dipanir, deep fried. Jadi deh camilan gurih nan lezat. Must try.Bitterballen bisa dibilang merupakan variasi dari croquette or di sini kita bilangnya kroket. Bedanya kroket berbentuk lonjong sedangkan bitterballen bentuknya bulat dan ukurannya lebih kecil.
Berikut foto dan resep bitterballen yang diambil dari holland.com. Sejujurnya ku belum coba resep ini, mo bikin ternyata bahan-bahannya ga lengkap, next time ya...

bitterballen

Bahan membuat bitterballen:

  • 100 g butter
  • 150 g tepung terigu
  • 700 ml kaldu sapi
  • 30 g bawang bombay
  • 1 sdm daun parsley cincang
  • 400 g daging sapi matang, disuwir/dicincang
  • garam
  • lada
  • pala
  • 50 g tepung terigu
  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • 50 g tepung panir kasar
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat bitterballen:

  1. Panaskan butter di dalam wajan hingga meleleh, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, masukan air kaldu sedikit demi sedikit sampai kaldu tercampur rata dengan roux, masak dengan api kecil.
  2. Tambahkan bawang bombay, daun parsley, daging, garam, lada, dan pala bubuk, adjust to taste. Masak hingga campuran roux benar-benar mengental.
  3. Tuang campuran ke dalam container rendah, simpan dalam kulkas selama beberapa jam atau campuran menjadi padat.
  4. Ambil 1 sendok makan campuran roux dingin, bentuk bulat, guling-guling di tepung terigu, celupkan ke dalam telur, gulingkan lagi di tepung panir. Simpan dalam kulkas sebentar.
  5. Panaskan minyak dalam wajan, goreng bitterballen hingga kuning kecoklatan.
  6. Bitterballen siap disajikan dengan saus sambal atau saus mustard.
Daging sapi bisa diganti dengan daging ayam, atau sayuran seperti wortel atau jamur. Ternyata resep aslinya bitterballen ini tidak menggunakan kentang, beberapa resep bitterballen di web Indonesia yang ku temui menggunakan kentang yang dihaluskan. Selain kentang membuat rasanya lebih enak, proses membuatnya juga lebih pendek karena adonan lebih padat jadi ga perlu dimasukin kulkas sebelum dibentuk. Jangan khawatir kalo ternyata bikinnya kebanyakan tinggal masukin ke wadah kedap air dan simpan dalam freezer. Selamat mencoba ya,  ^_^

update 11.04.15
Alhamdulillah jadi juga bikin bitterballennya, pada awalnya rencana bikin bitterballen karena bahannya mudah, biasa ada dirumah, tinggal belanja ayam di ayu penjual sayur aja. Udah beli ayamnya sama seledri dan bombay, siap2 bikin ternyata stok mentega kosong. Batallah hari itu rencana bikin bitterball, males keluar rumahnya. Another day, belanja mentega sekalian terigu khawatir habis, siip rencana sore mo bikin. Jeng-jeng dah siap-siap, abis masak aer, gas habis. ^_^ omg. Daaaaan inilah hasilnya,

ide-masakan: bitterballen

Rasanya enak, kayak pake keju padahal ga pake sama sekali, apa karena margarinnya kali ya. Asinnya pas, gurih, pake kaldu ayam. Teksturnya krispy diluar tapi dalamnya mirip tekstur keju leleh (saat masih hangat). Dari satu resep ini hasilnya 40 buah, ukuran diameter sekitar 3 cm. Habis tidak sampe 24 jam oleh kami berdua doang ^_^ Bikin abis Isya, habis setelah magrib esok harinya.

Sekalipun ini terbilang sukses tapi ku masih menduga lebih enak pake kentang yang dihaluskan dan yang pasti pengerjaannya lebih gampang, terutama pas ngebulet-buletinnya.

Catatanku dari pengalaman ini, antara lain:

  1. Saat membuat roux, tekstur roux yang dihasilkan kurang lebih sama dengan tekstur bagian dalam bitterball saat matang, artinya kalo kurang kekentalannya ntar hasil jadinya juga begitu, pas digigit kayak gula merah yang belepetan keluar saat makan klepon.  Begitu juga sebaliknya. Selain itu jika roux kurang kental, ngebuletinnya juga akan sedikit ribet. Akan berbeda kalo pake kentang tumbuk, hasilnya akan lebih padat, ga usah masukin kulkas dah bisa langsung dibuletin.
  2. Saat ngebuletin pertama sebelum ditepungin, ga mesti bulet bener, masih bisa diperbaiki setelah dilapis tepung atau setelah dipanir. Hanya saja jangan sampe ada retakan di permukaannya, bisa kebuka pas digoreng. Minyak jadi mercik kemana-mana, karena masih ada kandungan airnya.
  3. Saat makan, ini penting, tunggu bagian luar bitterball sudah bisa dipegang tangan, karena bagian dalam lebih panas dari dalamnya saudari-saudari. seperti yang kami alami, saking ga sabar pengen nyobain rasanya, masih agak panas dah masuk mulut, jadinya kan pangah-pangah, dibuang sayang, ditiup di dalem mulut.
That's all for now, thank you for coming ^_^


SHARE

About dapurenka

dapurenka is my place to save my cooking recipe, recipes from other that i really want to make, tips for cooking and useful info about food or cooking. Cooking my own food make me know what i eat.

1 komentar :

makasih dah mampir, semoga bermanfaat, silakan tinggalkan jejak supaya ku tau kamu pernah kesini (=^_^=)