Knowing what we eat
healthy,
simple & tasty recipes.
Home » , , , » Boneless Chicken Wings Barbeque Sauce

Boneless Chicken Wings Barbeque Sauce

Meski mungkin agak ribet, tapi resep Boneless Chicken Wings with Barbeque Sauce ini enak banget. Selain itu juga dengan proses dikukus bikin lemak ayamnya kebuang. Bagian sayap ayam yang digunakan untuk boneless chicken adalah bagian tengahnya, itu lho yang ada dua tulang. Bagian ujungnya bisa dibuang aja atau dimasak bareng bagian pangkal sayap alias bagian drum juga boleh, soalnye tulang doang dear. Bagian pangkal sayap atau drumnya itu susah misahin tulangnya, yang ada robek dan ga utuh lagi. Nah kalo aku bagian drum biarin ada tulangnya, diolah selanjutnya sama seperti yang boneless, itu jatah ku dan yang boneless itu jatah misua yang emang males banget makan ayam kalo masih ada tulangnya. Oke, selanjutnya selamat mencoba ya, oya resep ama gambarnya dari chef Yuda Bastara dari kokiku.tv ya, bikinanku ga sempet difoto, semoga bisa nyusul.
bone less chicken wing with barbeque sauce

Waktu Membuat: 45 menit
Porsi: 2 Orang

Bahan untuk ayam:
  • 600 gr Sayap Ayam
  • Tepung Maizena secukupnya (untuk membalur)
  • Garam dan merica secukupnya
  • 1/4 gelas / 75 ml air
Bahan Saus BBQ:
  • 1 gelas saus tomat
  • 1/4 gelas/ 75 ml cuka Apple Cider Vinegar
  • 5 sdm Brown Sugar/gula palem
  • 1/2 sdt Bubuk Black pepper
  • 1/2 sdm Lemon juice
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1/2 sdm Tabasco pepper sauce
  • 1/2 sdt garam
Cara membuat boneless wings:
  1. Dalam pressure cooker (presto), masukan saringan dan air, lalu tuangkan sayap ayam ke dalam saringan dan masak selama 15 menit sampai presto aman untuk dibuka.
  2. Untuk kamu yang tidak memiliki pressure cooker/ presto boleh di kukus dengan menggunakan kukusan selama 20 menit.
  3. Setelah matang, dinginkan sayap ayam hingga benar-benar dingin. Setelah dingin, secara hati-hati keluarkan tulang ayam dari sayapnya.
  4. Siapkan mangkuk dan balurkan sayap ayam tadi dengan menggunakan tepung maizena. Goreng sayap ayam tadi dengan minyak yang sudah panas hingga keemasan. Tiriskan.
  5. Membuat saus, masukan saus tomat, cuka, gula, kecap inggris, dan tabasco ke dalam sauce pan atau panci kecil, aduk hingga mendidih dan mengental, tambahkan garam, lada hitam dan air jeruk, taste it.
  6. Siapkan mangkuk lalu taburkan sayap ayam dengan garam dan merica. Tuangkan saus BBQ dan aduk rata hingga melapisi semua ayam. Sekarang sayap ayam siap untuk disantap!

Tabasco sauce pepper is optional. Fungsinya buat menambah rasa smokey pada sauce, Kitchen friends juga bisa kreasikan dengan saus lainnya, bisa dengan saus asam manis atau saus gochujang jadilah Korean chicken style. Ok, selamat mencoba...
SHARE

About dapurenka

dapurenka is my place to save my cooking recipe, recipes from other that i really want to make, tips for cooking and useful info about food or cooking. Cooking my own food make me know what i eat.

1 komentar :

makasih dah mampir, semoga bermanfaat, silakan tinggalkan jejak supaya ku tau kamu pernah kesini (=^_^=)