Knowing what we eat
healthy,
simple & tasty recipes.
Home » , , » Cumi Panggang Bumbu Kecap

Cumi Panggang Bumbu Kecap

Cumi Panggang Bumbu Kecap, hmm nikmatnya berbuka puasa hari ini dengan cumi-cumi panggang bumbu kecap. Matangnya pas, mantaaaabs. Sengaja pagi-pagi ke tempat tukang sayur yang agak jauh dari rumah, demi nyari cumi-cumi basah. Mba Harni, tukang sayur deket rumah ga pernah sedia cumi-cumi basah. Alhamdulillah gak sia-sia dapet cumi-cumi yang dicari. Untuk melengkapi menu berbuka, beli sayur kangkung buat ditumis bumbu terasi. Sampe rumah cumi-cumi gak langsung ditangani, karena harus ngurus makan perusuh baru di rumah, 3 kittens: coki si bungsu, boneng si jantan dan oti si sulung betina dan 1 misua. (=^_^=)

Bikin cumi panggang saus kecap ini mudah lho, cumi direndam bumbu perendam kemudian panggang di atas wajan teflon, panggang selama 3 menit dengan api sedang. Bumbu perendam terdiri dari bawang putih, kunyit, jahe, kecap dan saus tiram. Selain cumi-cumi, bumbu perendam ini juga bisa dipakai untuk seafood panggang lainnya. Lebih lama merendam, bumbu akan semakin meresap, lebih nikmat. Ku ngerendam cumi-cumi sekitar 6 jam, disiapin dari pagi baru dimasak sorenya, selama direndam, cumi-cumi disimpan dalam kulkas. Manggang cumi-cumi jangan lama-lama, 3 menit sudah cukup, makanya apinya juga jangan kekecilan, biar pas matangnya. Kalo kelamaan cumi-cumi bakalan susah dimakannya kayak karet. Emang sih kalo dimasak lagi sampe 20 menit, cumi-cumi akan empuk lagi, tapi kalo dipanggang 20 menit, yaa keburu gosong, (=^_^=)

Cara membuat cumi-cumi panggang bumbu kecap:

Pertama, ngebersihin si cumi-cumi: bagian kepala dipisah dicabut dari badannya, dibelah tidak sampe putus, buang matanya sama rongganya yang keras biar ntar pas makan ga ada gangguan. Bagian badan dibersihin perutnya, kadang-kadang masih ada ikan-ikan kecil makanan cumi-cumi yang belum dicerna, lepas lapisan kulit luarnya yang berwarna ungu, kerat melintang. Untuk menghilangkan amisnya, kasih air jeruk nipis, setelah 15 menit dicuci bersih kembali. Notes: jangan lebih dari 15 menit, orang bilang ntar cumi-cuminya matang (bukan dalam arti sebenarnya)

Kedua, Nyiapin bumbu perendam: Bawang putih, kunyit, jahe dihaluskan, tambahkan kecap manis dan saus tiram. Adjust rasanya jika dirasa perlu. Tuang bumbu perendam ke dalam cumi-cumi, aduk rata, simpan dalam wadah tertutup, simpan dalam kulkas sampai waktunya memanggang.

Ketiga, proses memanggang: panaskan wajan teflon datar, diolesi sedikit minyak, taruh cumi-cumi di atas wajan, masak cumi-cumi selama 3 menit dengan api sedang, sambil dibalik sehingga semua sisinya kecoklatan.

Cumi panggang bumbu kecap nan nikmat siap untuk disantap, jangan lupa sambel kecap dan irisan jeruk nipisnya. Buka puasa dengan cumi panggang bumbu kecap, luar biasa, pengen nambah lagi. (=^_^=) 
cumi panggang bumbu kecap

Bahan membuat cumi:


  • 500 g cumi ukuran sedang atau besar
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 5 siung bawang putih
  • 5 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram


  • Let's get cooking folks(=^_^=)

    SHARE

    About dapurenka

    dapurenka is my place to save my cooking recipe, recipes from other that i really want to make, tips for cooking and useful info about food or cooking. Cooking my own food make me know what i eat.

    1 komentar :

    1. Izin promo ya Admin^^

      Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
      minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
      Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
      - Telkomsel
      - XL axiata
      - OVO
      - DANA
      segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

      BalasHapus

    makasih dah mampir, semoga bermanfaat, silakan tinggalkan jejak supaya ku tau kamu pernah kesini (=^_^=)