Knowing what we eat
healthy,
simple & tasty recipes.
Home » , , » Resep Gudeg Nangka Bukan Asli Yogya

Resep Gudeg Nangka Bukan Asli Yogya

Selama ini ga pernah kepikiran buat bikin sayur gudeg nangka sendiri, biasanya kalo pengen makan gudeg pasti request ke ibu buat dimasakin pas nengok beliau. Nah kemarin kena serangan pengen makan gudeg, trus kepikiran kenapa ga bikin sendiri aja, seingetku kalo lagi bantuin bikin di rumah juga ga ribet, tinggal masukin semua bahan, masak sampai kuahnya hampir kering. Kami sekeluarga senengnya gudeg nangka yang masih berkuah dan ga terlalu manis seperti masakan Yogya umumnya. Ibu kalo bikin gudeg, super, sedandang yang ukuran besar. Puas makannya.

gudeg nangka istimewa
Berhubung kalo lagi Ramadhan gini ibu sibuk bikin kripik bawang jadi ga tega buat nanyain bumbunya, yah cari-cari di google. Ok ketemu, bumbu apa aja yang dipake buat gudeg nangka. jumlahnya di kira-kira sendiri, ada bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, lengkuas, sereh, daun jeruk, daun salam, dan gula merah. Bumbu gudeg nangka memang beda-beda kalo kita liat di inet, intinya sama aja, selain beda takarannya, yang beda juga penggunaan daun jati. Ibu kalo masak gudeg nangka ga pernah pake daun jati, secara di Depok, mau cari kemana. Katanya supaya warna coklat kemerahan gudeg nangkanya bagus, ada juga yang nyaranin pake kulit bawang atau air teh. Kali ini ku bikin ga pake kulit bawang ataupun teh, dapet ga entar warna coklat kemerahan gudeg nangkanya.
Alhamdulillah di pasar dapet nangka mudanya, nah menurut ibuku nangka yang bagus buat gudeg adalah nangka merah. Lha gimana taunya wong nangkanya masih muda, yo wis apa ajalah. Ga lupa beli juga kerecek buat sambel goreng, semangat 45 buat masak gudeg. Lanjuuuut ...

Bahan membuat gudeg nangka:

  • 1 kg nangka muda (sekitar separuh buah), dipotong-potong sesuai selera.
  • 2 batang sereh
  • 3 cm lengkuas, dikeprek
  • 8 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 150 g gula merah (pilih yang berwarna hitam)
  • 1 L santan dari 1 butir kelapa
  • 500 g daging tulang iga sapi (bukan asli resep Yogya, tapi bikin gudeg nangka makin okey)
  • 4 butir telur ayam rebus (optional, sesuai keinginan)
  • 1 sdm garam (adjust sesuai selera)
  • bumbu halus:
    • 50 g bawang merah (sekitar 1 genggam)
    • 5 siung bawang putih
    • 1 sdt ketumbar
    • 6 butir kemiri

Cara membuat gudeg nangka:

  1. Rebus daging tulang iga dengan 1 L air hingga mendidih, buang busa yang terbentuk, sampai tidak ada lagi. Matikan api.
  2. Sambil rebus daging tulang iga, rebus sekitar 2 liter air sampai mendidih, masukkan potongan nangka, rebus selama 5 menit. Saring, buang airnya.
  3. Siapkan panci buat masak gudegnya, taruh daun salam, sereh, lengkuas. daun jeruk, gula merah, garam dan bumbu halus. Tambahkan potongan nangka muda, daging tulang iga dan telur rebus. Tuangkan kaldu sisa rebusan daging tulang iga dan santan.
  4. Masak dengan api kecil selama 4-5 jam, aduk setiap 1 jam, gudeg nangka akan berubah kecoklatan. Di akhir tes rasa, adjust rasa asin dan manisnya.
  5. Gudeg nangka sudah bisa untuk disantap, atau bisa dilanjutkan masaknya sampai gudeg nangka kering. 
Selesai tahap utama membuat gudeg nangka. Masih ada  tahapan lain yakni membuat menu pelengkap si gudeg nangka, ada sambel goreng krecek, opor ayam dan tahu tempe bacem.
Resep gudeg nangka ini bener-bener bukan asli Yogya melainkan ala-ala ibuku, tapi rasanya ga kalah dengan gudeg yogya asli. Gudeg yogya asli tidak ada tambahan apapun di dalamnya selain buah nangka muda saja, yang lain-lainnya disajikan terpisah. Sedangkan resep gudeg nangka yang satu ini justru sebaliknya, ditambah daging tulang iga, bahkan ibu juga memasukan tahu ke dalam sayur gudeg nangka. Tahu yang dipake adalah tahu putih yang besar dipotong empat. 
Perbedaan lainnya dengan resep gudeg nangka yang banyak di inet adalah perebusan nangka muda sebelum dimasak gudeg. Kata ibu sih buat membuang getah nangka, supaya ga bikin perut sebah/kembung kalo makan gudeg banyak-banyak. 
Buatku resep gudeg nangka ini istimewa sekali, karena pas makan kita juga bisa berburu daging iga yang udah pada lepas dari tulangnya, warnanya yang udah sama sama nangkanya jadi bikin sulit nyarinya.
Dari 1 kg buah nangka, cuma bisa buat 4 kali makan kami berdua ^_^ . Tanpa pelengkap karena beli santennya kurang dan ternyata di rumah cabe merahnya abis. Bikin lagi minggu depan yang lebih lengkap.
gudeg nangka istimewa
gudeg nangka bukan asli Yogya: ayo mana daging tulang iganya?
Selamat mencoba resep gudeg nangka bukan asli yogya, monggo  ^_^

update:
Pic berikut adalah stok gudeg terakhir, meski ga selengkap layaknya gudeg yogya, tapi lumayan temennya juga komplit. Gudeg yogya biasanya pake opor ayam, ini justru ayam goreng lengkuas karena itu yang ada di kulkas n tinggal goreng. Tahu bacemnya sama dengan yang biasa ada di gudeg yogya, hanya yang ini pas bikin lupa maskin asem, jadi rasanya agak kurang mantap. Terakhir sambel goreng krecek, ga pake kacang toro atau yang lain-lain, sekali lagi karena cuma itu persediaan yang ada. Waktunya dibahas...^_^
nasi gudeg


SHARE

About dapurenka

dapurenka is my place to save my cooking recipe, recipes from other that i really want to make, tips for cooking and useful info about food or cooking. Cooking my own food make me know what i eat.

0 komentar :

Posting Komentar

makasih dah mampir, semoga bermanfaat, silakan tinggalkan jejak supaya ku tau kamu pernah kesini (=^_^=)