Knowing what we eat
healthy,
simple & tasty recipes.
Home » , » Kuliner Purwokerto

Kuliner Purwokerto

Purwokerto terkenal dengan tempe mendoan, getuk goreng juga soto yang disiram sambal kacang. Selain itu ternyata Purwokerto juga punya ragam kuliner lain yang layak dicoba jika anda mampir ke kota ini. Ada mi ayam kendil yang mi nya dimasak di kendil, angkringan versi modern, soto bakso - mash up food ala Purwokerto, dan ada juga warung makan sambal.

Angkringan Kota Dot Com

Angkringan modern ini sangat populer dikalangan anak-anak muda Purwokerto. Harga makanannya sangat bersahabat, pas buat kantong anak muda. Rata-rata lauk pauk berupa gorengan dan sate dipatok antara Rp 1000 hingga Rp 2000. Angkringan Kota Dot Com juga menyediakan menu non prasmanan seperti soto, pecel, hingga asem-asem daging. Harga makanan non prasmanan ini berkisar antara Rp 7rb hingga Rp 14 ribu.
Konsepnya bayar dulu baru makan. Kedai ini buka jam 8 pagi sampai 11 malam, khusus minggu buka sampai tengah malam. Angkringan Kota Dot com ada di Jl! Prof. Dr. Suharso, Telp. 0281 762 5157

Mi Ayam Kendil Bang Kenthir

Selain mi yang seperti biasa, disini juga sedia mi hitam, bakso hitam. Tidak menggunakan tinta cumi tapi menggunakan merang.
Sesuai namanya, kuah kaldu dibuat dengan menggunakan kendil. Proses ini yang dianggap kuah kaldu ayam lebih gurih dan wangi oleh siempunya. Ayam yang digunakan juga ayam kampung.
Mi disajikan lengkap dengan sawi hijau, tumisan ayam kecap dan kuah di mangkuk terpisah. Harganya murah, cukupmerogoh kocek Rp 6 rb. Mi ayam kendil bang Kenthir mulai buka jam 9.30 samapi 19.30. Salah satu cabangnya ada di Jl. Gereja No. 3A, utara SMP 2 Purwokerto.

Soto Bakso Pak Birin

Tujuan kuliner Purwokerto berikutnya ada di Jl. Pramuka, samping Apotek Widuri. Selain menyediakan soto kedai ini juga menyediakan kombinasi soto dengan bakso. Mash up food ala Purwokerto :)
Soto disediakan lengkap potongan ketupat. Isi sotonya ada daging sapi, babat, usus, dan dua butir bakso sapi. Dikasih taburan kerupuk, sambal kacang. Jenis sotonya bening bukan soto santan. Ada juga pilihan daging dan bakso ayam. Harga per porsinya sekitar Rp 15 rb.
Warung soto bakso pak birin sudah berumur 30 tahun lebih, buka mulai jam 11 sampai jam 8 malam.

Warung Cabe No. 1

Buat penyuka sambal bisa datng ke warung makan ini, meski belum genap 1 tahun, berani pasang No. 1 di nama warungnya. Berlokasi di jalan Dr. Soeparno No. 19, warung cabe ini buka jam 10.00-22.00.
Warung cabe No. 1 menyediakan 30 macam sambal serta menu lauk dan sayuran.
Ada sambal terasi yang pedas dan segar, dibuat dadakan. Ada sambal kosek, khas pedas cabe rawit hijau dan tersedia juga sambal bawang yang khas dengan aroma bawang putih goreng. Harga sambal-sambal ini sekitar Rp 2 rb, disajikan di atas cobek tanah liat  yang tradisional.
Buat menemani sambal ada banyak pilihan lauk dan sayur.
Semoga bisa jadi rekomendasi saat anda berkunjung k Purwokerto atau sekedar jadi inspirasi memasak anda.
SHARE

About dapurenka

dapurenka is my place to save my cooking recipe, recipes from other that i really want to make, tips for cooking and useful info about food or cooking. Cooking my own food make me know what i eat.

0 komentar :

Posting Komentar

makasih dah mampir, semoga bermanfaat, silakan tinggalkan jejak supaya ku tau kamu pernah kesini (=^_^=)